Saturday, February 16, 2013

Tanggapan Sir Alex Ferguson Tentang Skuadnya Musim Ini



Terakhir kali Manchester United meraih treble winners adalah pada tahun 1999. Sejak saat itu, ambisi serupa terus dicanangkan namun belum jua membuahkan hasil. Kali ini, Sir Alex Ferguson merasa yakin timnya bakal bisa mengulangi sukses tersebut karena percaya skuadnya saat ini lebih baik dibanding skuad yang ia miliki tahun 1999 silam.
Fergie merasa, saat ini ia memiliki kedalaman skuad yang lebih baik dibanding saat itu. Keuntungannya, ia bisa dengan sesuka hati merotasi pemainnya hingga masih berpeluang merebut tiga gelar di tiga ajang berbeda musim ini.
“Saat Real Madrid bertamu ke Old Trafford nanti, saya mungkin akan memainkan tim yang berbeda. Satu, dua, hingga tiga pemain yang tak bermain di Santiago Bernabeu, berpeluang besar main di second leg. Saya punya banyak pemain yang juga menjadi andalan timnas masing-masing, jadi kenapa saya tidak mempercayai mereka?” sebutnya.
“Apa yang selalu saya cari adalah meramu tim untuk meraih kemenangan di pertandingan berikutnya. Saya bisa memainkan susunan pemain yang berbeda saat melawan Reading, QPR, Norwich, dan kemudian Madrid.”
Fergie bertambah senang karena kedalaman skuad tersebut ditunjang dengan kemampuan beberapa pemain bermain di posisi yang bukan posisi aslinya. Tengok saja bagaimana Phil Jones yang berposisi asli sebagai bek bisa bermain bagus di pos gelandang bertahan saat berjumpa Madrid kemarin.

Kala deraan cedera mengganggu para pemain belakang beberapa waktu lalu, Fergie sungguh beruntung punya Michael Carrick yang mau dimainkan sebagai bek tengah.  Contoh lain adalah Wayne Rooney yang juga fasih bermain sebagai gelandang serang.
Hal itu tak dijumpai Fergie di dalam timnya saat itu. Fergie tak punya kedalaman skuad yang cukup bagus meski bisa meraih treble winners.
“Saat kami bermain di final Liga Champions 1999, Roy Keane dan Paul Scholes harus absen, dan Henning Berg jadi satu-satunya pemain yang cedera. Meski demikian saya harus tetap berpikir keras mengatasinya.”
“Akhirnya saya membawa Jonathan Greening yang sebelumnya tak sering saya mainkan untuk ikut ke partai final. Ia akhirnya memperoleh medali meski hanya duduk di bangku cadangan.”

Unggul 12 poin dari Manchester City di liga, punya keunggulan gol tandang atas Madrid, “hanya” akan bersua Reading di FA Cup, ditambah kualitas pemain apik membuat Fergie boleh berharap banyak ia bisa mengulangi prestasi 14 tahun silam.

No comments:

Post a Comment